Tutorial Belajar Corel Draw Dasar | Belajar CorelDRAW X4

|

Mengenal Nama dan Fungsi Tools di Corel Draw X4

Pada postingan kali ini, saya akan memberikan tutorial belajar corel draw dasar untuk pemula menggunakan corel draw x4. Sebelum mengoperasikan software corel draw, ada baiknya kita mengenal lebih dulu nama dan fungsi-fungsi toolsbox yang ada di corel draw.

Klik untuk memperbesar gambar

Tidak usah lama-lama lagi, langsung saja di bawah ini adalah fungsi dan nama tools yang ada di corel draw :

Pick Tool

Beberapa fungsi dari pick tool antara lain :
  1. Untuk menggeser objek / gambar
  2. Untuk merubah posisi objek / gambar
  3. Untuk merubah ukuran objek / gambar
  4. Mungkin hanya ini yang saya tahu fungsi dari pick tool. Jika ada yang kurang boleh menambahkan di kolom komentar :)
Pick tool disimbolkan dengan icon mouse pada umumnya.

Shape Tool

Fungsi shape tool antara lain : 

  1. Bisa digunakan untuk mengedit objek dalam bentuk kurva
  2. Menambahkan / menghapus node
  3. Mengkonversi sebuah garis menjadi curve / line

Crop Tool


Seperti namanya, crop tool digunakan untuk memotong objek atau gambar. Tak hanya asal memotong, untuk memotong menggunakan crop tool bisa diukur sesuai selera. Misalkan kita mau membuat pas photo ukuran 4 cm x 6 cm. Kita potong menggunakan crop tool dengan ukuran 4 cm x 6 cm.

Zoom Tool


Zoom in di corel draw digunakan untuk memperbesar tampilan pada objek. Sedangkan untuk zoom out kebalikannya, yakni digunakan untuk memperkecil tampilan objek diinginkan. Ada beberapa zoom pada corel draw;
  • Zoom In
  • Zoom Out
  • Zoom To All Objects
  • Zoom To Page
  • Zoom To Page Width
  • Zoom To Page Height

Freehand Tool, Bezier Tool dan Pen Tool

Sebenarnya fungsi dari Freehand, Bezier dan Pen Tool itu hampir sama semua. Digunakan untuk membuat objek atau untuk menggambar ulang sebuah objek dalam bentuk gambar JPG, JPEG, PNG dan lain sebagainya. Selain ketiga tool tersebut, sebenarnya masih banyak tool yang lainnya yang fungsinya hampir sama, yakni Artistic Media, Polyline, 3 Point Curve, Connector dan Dimension.

Smart Fill Tool


Smart Fill Tool digunakan untuk memberikan warna pada sebuah objek yang tidak utuh. Mohon maaf jika penjelasannya mungkin kurang bisa dipahami. Dengan melihat gambar, semoga bisa lebih mengerti. Biasanya para WPAPer menggunakan Smart Fill untuk memberikan warna pada WPAP yang mereka buat menggunakan corel draw.

Rectangle Tool


Tool Rectangle yang terdapat dalam Corel Draw digunakan untuk membuat objek kotak. Bisa dalam bentuk persedi maupun persegi panjang.

Ellipse Tool


Kalau Rectangle Tool tadi digunakan untuk membuat objek dalam bentuk kotak. Ellipse Tool digunakan untuk membuat objek bulat. Bisa bulat oval dan bulat lonjong seperti telur.

Text Tool


Seperti namanya, Text Tool di Corel Draw digunakan untuk membuat atau menambahkan tulisan (teks).

Table Tool


Digunakan untuk menambahkan tabel. Seperti halnya tabel yang ada di Microsoft Word, cara menambahkan tabel dalam Corel Draw pun tidak terlalu sulit. Cukup klik tahan dan geser ke samping. Selain itu anda juga bisa mengatur warna tabel dan berapa jumlah kolom atau baris yang diinginkan.

Sampai di sini dulu untuk postingan tutorial belajar Corel Draw dasar dalam bahasa Indonesia ini. Mata sudah ngantuk hehe. Untuk postingan mengenai tool yang lainnya akan saya tulis di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat. Salam.

Related Posts

0 COMMENT:

Post a Comment

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Terima kasih atas kritik, saran dan masukan komentar yang kalian berikan.
Semoga Allah s.w.t selalu memberikan kelancara rejeki, kesehatan dan keistiqomahan buat kita semua. Aamiin ^_^